Jam Digital Masjid, Sarana Melatih Si Kecil Berpuasa

Jam Digital Masjid dapat Membantu dan Menjadi Sarana untuk Melatih Buah Hati Berpuasa.

Mudah Melatih Berpuasa dengan Jam Digital Masjid – Bagi umat muslim bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa, sebab banyak keberkahan yang akan dibagikan Allah SWT pada umat muslim di bulan suci ini. Ketika Ramadhan tiba umat islam berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala tidak hanya para orang dewasa saja namun juga anak-anak bahkan yang belum baligh sekalipun.

Selain ikut beribadah sholat tarawih ternyata banyak pula orang tua yang melatih buah hati mereka untuk ikut berpuasa. Seperti apa sih tips dan triknya dalam mengajari si kecil untuk berpuasa pertama kalinya? penasaran! simak yuk ulasan berikut ini:

  1. Ayo Kenalan dengan Puasa

Puasa di Indonesia biasanya memakan waktu hingga 12 jam sehingga sebelum si kecil melakukan puasa utuh, ada baiknya memperkenalkan terlebih dahulu apa itu puasa. Anda bisa melibatkannya dalam mempersiapkan hidangan berbuka. Kemudian ketika jam telah menunjukkan waktu Maghrib jangan lupa ajari doa berbuka puasa serta penjelasan kecil mengenai makna puasa kepada anak Anda. Pengenalan terhadap puasa ini dapat dilakukan kepada anak-anak umur 4-6 tahun dengan cara yang menyenangkan agar anak Anda tertarik untuk mempelajarinya.

  1. Jangan Buru-Buru

Bila sang buah hati sudah mengenal tentang seluk beluk puasa, maka jangan buru-buru menyuruhnya untuk segera berpuasa penuh. Biarlah ia mencoba berpuasa secara bertahap misalnya dimulai dengan berpuasa 3-4 jam terlebih dahulu lalu setengah hari kemudian puasa penuh.

Bila ia merengek kehausan atau kelaparan ditengah berpuasa meskipun jam masih menandakan waktu dhuhur maka biarlah ia diberi kesempatan untuk berbuka namun kemudian melanjutkan puasaya kembali hingga maghrib tiba bila dirasa kuat.

  1. Buat Si Kecil Lupa

Biasanya jika seseorang tidak melakukan kegiatan atau aktivitas, rasa dahaga dan kelaparan akan cepat mendera sehingga Anda bisa mengajak si kecil beraktivitas bersama. Aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama-sama bisa saja agenda untuk menyiapkan makanan berbuka maupun mengaji. Buatlah anak Anda lupa bahwa ia sedang berpuasa dengan aktivitas yang menyenangkan bersama.

  1. Beri Motivasi

Terkadang perasaan menyerah sering dirasakan buah hati Anda terlebih bila jam tak kunjung menunjukkan waktu berbuka. Si kecil pasti terus menatap jam di rumah sambil tak sabar. Nah, disinilah peran anda sebagai orang tua diperlukan sebagai motivator. Berilah ia motivasi dan semangat seperti mengatakan bahwa waktu buka kurang satu jam lagi, jadi harus sabar. Orang sabar itu disayang Allah lho.

  1. Sajikan Makanan Favoritnya

Cara lain untuk memberikan semangat bagi si kecil adalah dengan menyajikan makanan favoritnya ketika berbuka atau sedang sahur. Selain makanan favorit anda juga perlu menyediakan menu pendamping lain yang memiliki gizi tinggi untuk menambah energi keesokan harinya. Ketika berbuka jangan lupa untuk tidak berlebihan hingga merasa terlalu kenyang ketika makan karena hal itu juga tidak disukai Allah SWT.

  1. Berilah Penghargaan

Jangan lupa untuk memberinya penghargaan contohnya kado yang mengingatkan keberhasilan si kecil atas puasa penuh pertamanya.

Jadwal Sholat Digital sebagai Sarana Melatih Buah Hati Berpuasa.

Jam digital masjid plus Imsak dapat membantu melatih si kecil untuk mengetahui kapan wantu untuk berhenti makan sahur, yaitu dengan adanya alarm pertanda imsak datang. Dan mengetahui waktu berbuka puasa telah tiba ketika alarm sholat maghrib berbunyi.

Jadwal sholat digital ini juga dapat menemani si kecil ketika berpuasa di tahun depan serta kenangan yang indah tentang Ramadhan saat berlatih puasa hingga dapat menyelesaikan puasa satu hari penuh.

Share This!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons