5 Kebiasaan Unik Masjid-Masjid Saat Ramadhan

Berikut ini lima kebiasaan unik masjid-masjid di Indonesia saat bulan Ramadhan


5 Kebiasaan Unik Masjid Saat Ramadhan – Bulan puasa adalah salah satu bulan yang paling dinanti oleh masyarakat muslim di dunia sebab pada bulan ini Allah memberikan berbagai keberkahan bagi umatnya. Pada bulan puasa ini juga terdapat banyak tradisi unik di Indonesia. Beberapa tradisi unik tersebut diselenggarakan oleh masjid-masjid ditanah air. Berikut ulasan 5 kebiasaan unik masjid-masjid di dunia saat puasa :

1. Masjid AT-Tin

Jakarta memiliki beberapa masjid yang menggelar acara unik bila bulan puasa telah tiba. Salah satu masjid adalah masjid At-Tin yang secara rutin menggelar basar dan acara mendongeng yang ramai dikunjungi ketika waktu magrib akan tiba. Anak-anak bisa mengisi ngabuburit dengan mendengarkan dongeng islami ataupun tadarus ketika masuk waktu Ashar.

2. Masjid Istiqlal

Masjid terbesar di Indonesia ini juga tidak mau kalah dengan masjid lainnya ketika bulan Ramadhan tiba. Pengurus masjid akan menyediakan 3.000 porsi berbuka puasa bagi jemaat masjid. Makanan ini juga tidak hanya untuk masyarakat yang beragama muslim saja namun juga bagi warga non muslim. Tidak heran bila masjid ini sangat ramai ketika menjelang magrib sudah dekat.

3. Masjid Kubah Emas

Masyarakat Depok sangat gemar menghabiskan waktu sorenya di kawasan masjid ini. Masjid kubah emas yang terkenal dengan kubahnya yang berlapis emas 24 karat ternyata memiliki pemandangan yang memukai dikala senja. Banyak orang ngabuburit ditempat ini sembari menikmati pemandangan masjid yang memukau.

4. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Banda Aceh dikenal dengan nama serambi Mekah sehingga Masjid Raya Baiturrahman Aceh juga ikut terkenal. Pada 10 hari malam Ramadhan masjid ini akan mengundang tokoh agama terkemuka untuk memimpin sholat tarawih. Tokoh yang diundang juga bukan tokoh biasa bahkan berasal dari Arab Saudi seperti Syeikh Ali Jaber yang dikenal sebagai imam besar di Arab Saudi.

5. Masjid Agung Al Azhar

Pada bulan puasa Masjid Agung Al Azhar sangat ramai dikunjungi jemaat untuk ngabuburit sebab pada bulan tersebut akan digelar bazar. Bazar ini menyediakan berbagai makanan dan pakaian yang dijual di kawasan masjid dengan berbagai varian harga. Bazar digelar mulai dari Ashar hingga tarawih selain itu ada pula acara pengajian di sore hari yang berlokasi di Aula masjid.

Disetiap masjid pastinya dilengkapi dengan jam masjid yang membantu pengurus masjid untuk menunjukkan waktu sholat. Bila anda sedang ingin mendesain masjid anda agar lebih menarik tidak ada salahnya bila ditambahkan jam digital masjid. Jam digital masjid ini dapat anda tambahkan running text dan memiliki alarm ketika sudah memasuki waktu sholat.

Kami juga memberikan jasa desain background yang bisa membuat tampilan jam masjid anda kian indah. Kualitas jam kami juga terbaik sebab telah dikenal sejak tahun 2008 yang pengerjaan pesanan jamnya dilakukan oleh pekerja terampil dan cekatan. Nikmati pula biaya kirim yang murah bagi anda yang berlokasi di pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Selamat berbelanja
Share This!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons